view (eye icon) image/svg+xml view April 2010 Franziska Sponsel Franziska Sponsel RRZE view eye see overview Beate Kaspar 92 views

FILANTROPI YANG TELAH PUPUS

Fadillah Utami Ningtyas

Sang baskara dengan malu-malu mulai membenamkan diri. Nabastala pun ikut merelakan kepergian senjanya yang dahayu, bersiap tergantikan oleh rembulan bersama gugus-gugus bintang yang setia menemani malam. Mungkin sang surya memilih tidur lebih awal, malas melihat segilintir manusia bumi yang bangga akan takhta dengan bayang-bayang dusta tanpa sekat, bernapas kotor menanai durjana.

            Sementara aku di sini. Bersama loka yang pengap, menyelam penuh sesak pada konfigurasi larutan kesepian yang aku buat sendiri. Terjebak dalam kesunyian dengan memori masa lalu. Terkadang aku tidak mengerti dengan semesta yang selalu senang bercanda, mempersembahkan skenario membingungkan yang disebat penuh sesak oleh sebagian besar orang. Tapi aku lebih tidak mengerti dengan manusia. Dengan mereka yang masih mampu tersenyum di atas derita bumi pertiwi, atau mereka yang hatinya kosong penuh aswad sampai gosong otaknya.

Continue reading “FILANTROPI YANG TELAH PUPUS”
view (eye icon) image/svg+xml view April 2010 Franziska Sponsel Franziska Sponsel RRZE view eye see overview Beate Kaspar 107 views

LAHIR SEBAGAI GENERASI MUDA DI ERA GLOBALISASI

OLEH : SHANGRA MULALUGINA (12 IPS 3)

Waktu berlalu begitu cepat, tidak terasa tahun demi tahun telah kita lewati dengan berbagai cerita di dalamnya. Di tahun 2021 ini, kita semua tahu bahwa saat ini kita sedang berada di era globalisasi. Jadi, apa sih arti dari globalisasi? Menurut Selo Soemardjan, globalisasi adalah terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sebuah sistem dan kaidah yang sama. Sedangkan menurut KBBI, globalisasi adalah proses masuknya ke ruang lingkup dunia. Dapat disimpulkan bahwa globalisasi secara umum merupakan suatu masa yang dapat menimbulkan proses interaksi dan integrasi dalam lingkup internasional di dalam berbagai aspek kehidupan baik itu ekonomi, sosial, politik, ataupun budaya serta bergantung kepada ilmu pengetahuan dan teknologi.

Continue reading “LAHIR SEBAGAI GENERASI MUDA DI ERA GLOBALISASI”
view (eye icon) image/svg+xml view April 2010 Franziska Sponsel Franziska Sponsel RRZE view eye see overview Beate Kaspar 110 views

DILEMA SELEPAS LULUS SMA (DAN SEBELUM)


Oleh Diva Aulia Khusna Wardani

Belakangan ini, topik perbincangan ketika ketemu temen-temen berubah dari yang tadinya seputar rencana akhir pekan dan Money Heist Season 5 ke topik yang lebih serius kayak, “Mau lanjut kuliah kemana?” dan “Mau kerja apa?”. Serius deh, setiap ada yang nanya begitu, aku harap itu pertanyaan retoris. Karena diri sendiri juga bingung, akhirnya pilih opsi “Phone-a-Friend” yang akhirnya dapet jawaban “Pilih yang sesuai passion kamu aja”. Tapi, habis itu malah lebih bingung karena belum tau gairahnya apa dan kali ini gak ada opsi lain kecuali nanya ke diri sendiri.

Continue reading “DILEMA SELEPAS LULUS SMA (DAN SEBELUM)”
view (eye icon) image/svg+xml view April 2010 Franziska Sponsel Franziska Sponsel RRZE view eye see overview Beate Kaspar 68 views

The Meaning of True Love

oleh Revita Nur Istiqomah Muslim

Cinta..
Menurutmu apa itu “CINTA”? Rasanya kata itu sudah tidak asing lagi bila didengar. Terlebih bagi kita yang sedang menapaki masa remaja. Bisa dikatakan, masa remaja tidak akan pernah lengkap tanpa adanya cinta.

Banyak sekali orang-orang yang mudah mengucapkan kata cinta tanpa mereka tahu apa sebenarnya hakikat dari kata itu? Tanpa berpikir panjang, kalimat “Aku Mencintaimu” begitu mudah terlontar dari lisan mereka hanya untuk mewakili sebuah ketertarikan dan rasa suka. Tak banyak yang tahu apa itu cinta. Lebih sedikit lagi yang mencari tahu tentang hakikatnya. Banyak sekali orang yang memberi definisi, tapi kalimatnya sulit dipahami.

Continue reading “The Meaning of True Love”
view (eye icon) image/svg+xml view April 2010 Franziska Sponsel Franziska Sponsel RRZE view eye see overview Beate Kaspar 65 views

Keadaan membatasiku? Kata siapa? No limit

oleh Nindya Khairunisa

Setiap manusia pasti punya keterbatasan, tapi kita punya Tuhan yang tidak terbatas. Dan Ia bisa membuat kita melakukan hal-hal yang tidak terbatas.

Terkadang kita berpikir:
“Andai aku seperti dia yang punya segalanya mungkin aku akan sukses”,
“Andai hidup ku bebas tanpa ada masalah”,
“Masalah ini membuatku tak bisa bangkit”,
“Andai aku terlahir dari keluarga cemara mungkin aku akan jadi anak paling bahagia”.
Sadar atau tidak saat seperti itu, kalian tengah menjadikan masalah-masalah hidup sebagai penghalang besar kesuksesan, sebagai alasan kamu ngga maju jangankan maju melangkah saja pun takut karena keterbatasan yang telah tertanam dalam mindset kalian.

Continue reading “Keadaan membatasiku? Kata siapa? No limit”
view (eye icon) image/svg+xml view April 2010 Franziska Sponsel Franziska Sponsel RRZE view eye see overview Beate Kaspar 87 views

Be Part of the Solution!

oleh Revita Nur Istiqomah Muslim

Kegagalan itu ada ketika kita menyerah. Selama kita belum menyerah, kegagalan itu tidak pernah ada. Kami berhasil menjadi juara II LKTI pada Festival Air IPB Tahun 2018.

“Be part of the solution, not be part of the problem”.

Itulah salah satu kalimat motivasi yang selalu saya ingat sampai saat ini. Maknanya begitu mendalam, hingga selalu menjadi sumber motivasi bagi saya dalam menjalani kehidupan. “Jadilah bagian dari solusi, bukan bagian dari masalah”.

Continue reading “Be Part of the Solution!”
view (eye icon) image/svg+xml view April 2010 Franziska Sponsel Franziska Sponsel RRZE view eye see overview Beate Kaspar 56 views

Pengaruh Gadget Terhadap Perilaku Sosial Remaja

oleh Risa Rihhadatul Aisy

Tulisan ini dibuat berdasarkan opini dan pengalaman penulis, baik pengalaman pribadi maupun sekedar mengamati perilaku sosial di lingkungan sekitar. Penulis melihat banyak sekali dampak yang ditimbulkan oleh teknologi terhadap kehidupan sosial remaja, baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat.

Continue reading “Pengaruh Gadget Terhadap Perilaku Sosial Remaja”
view (eye icon) image/svg+xml view April 2010 Franziska Sponsel Franziska Sponsel RRZE view eye see overview Beate Kaspar 61 views

Alternatif Tontonan Yang Menarik Tapi Mendidik Karya Anak Bangsa

oleh Diva Aulia Khusna Wardani

Animasi Nussa dan Rara bercerita tentang 2 orang saudara laki-laki dan perempuan yang ditujukan untuk menjawab kekhawatiran para orang tua dalam menemukan animasi yang cocok dan pas untuk menjadi tontonan anak-anak mereka.

Continue reading “Alternatif Tontonan Yang Menarik Tapi Mendidik Karya Anak Bangsa”